Sembilan keahlian yang harus dipunyai oleh wartawan online



1. Menulis dan Edit Naskah (Writing and editing script)

Menulis dan mengedit naskah merupakan hal yang paling penting untuk dikuasasi untuk  wartawan manapun. Sehingga ini menjadi dasar penting bagi wartawan.

2. Manajemen Proyek (Project Management)

Memanajemen suatu peliputan tentu harus dipunyai oleh para wartawan, adapula peliputan pun ditentukan oleh korlip. Namun kemampuan manajemennya pun harus dipunyai oleh para wartawan.

3. Blogging 

Wartawan WAJIB mempunyai blog, karena perkembangan zaman yang harus senantiasa update, sehingga wartawan punya catatan sendiri dalam blognya.

4. User interface design/photo shooting (tie)
      
    Tidak hanya menulis, dalam mengdesain foto pun wartawan harus mempunyai keahlian, karena foto dapat memperkuat tentang apa yang ditulis oleh wartawan.

5. Video production

Menulis, foto, harus dikuasai, namun tidak kalah penting dalam vedio harus dikuasai karena video sangat erat kaitannya dengan jurnalistik.

6. Staff organization/administration

Tidak hanya skill yang ditunjukkan, akan tetapi kemampuan berorganisasinya pun harus mampu agar tidak terjadi miss communication dalam manajemen medianya 

7. Story combining/shortening

Harus dapat meringkas materi yang didapat agar tidak terjadi kesalahan dalam menulis berita.

8. Reporting and writing original stories

Meskipun berita online terhitung pendek-pendek, namun kinerja wartawan online sama dengan wartawan di media cetak dan lainnya. Wartawan online pun harus menulis berita sesuai dengan data dilapangan, melalui proses jurnalistik. Wartawan online harus menghasilkan karya jurnalistik (orisinil), bukan hasil dar copy paste. 

9. Photo/image editing

 Seperti pada point 4, kemampuan dalam mengedit foto pun menjadi salah satu aspek penting dimiliki wartawan online. Karena bagaimana pun juga, pemberitaan di online pantasnya menggunakan foto sebagai pelengkap dan penguatan isi berita tersebut. 

Related Post



Posting Komentar